Kamis, 02 Mei 2019

Cara menghilangkan trauma psikologis / sakit hati dimasa lalu


Cara menghilangkan trauma psikologis / sakit hati dimasa lalu
Sebenarnya apa sih trauma itu? trauma itu sendiri adalah tekanan emosional dan psikiologis pada umumnya karena kejadian tidak menyenangkan atau pengalaman yang berkaitan dengan kekerasan. Kata trauma juga bisa digunakan untuk mengacu pada kejadian yang menyebabkan reaksi stres yang luar biasa atau berlebihan. Seseorang yang mengalami trauma secara psikologis termasuk sakit hati pada masa lalunya, mungkin sebagian orang bisa melupakan / mengikhlaskan rasa sakit tersebut dan hidup dengan damai, namun sebagian lainnya belum tentu bisa menghilangkan  luka trauma tersebut dan cenderung tidak bisa ‘move on”. Suka tidak suka mungkin kita akan mengalami sakit hati dengan cara yang berbeda-beda, kita juga tidak bisa mengukur besarnya trauma apalagi membandingkannya dengan orang lain. Karena itu yang kita harus pahami adalah luka, trauma, sakit hati, dan penderitaan adalah bagian dari hidup (part of life), tanpa rasa sakit tersebut hidup anda tidak akan pernah berkembang.
Trauma is a part of life
Trauma yang dialami setiap orang pastinya berbeda-beda. Ada yang trauma karena diputusin pacar, ada yang trauma rasa penolakan, ada yang trauma karena sakit hati karena dipermalukan / dihujat didepan umum, dan sebagainya. Contoh jika seseorang yang mengalami sakit hati karena dicampakkan / ditinggalkan seseorang yang secara berulang-ulang, lalu akhirnya mengalami trauma. ketika seseorang menyarankan ia untuk kembali membuka lembaran baru dengan orang yang baru kemungkinan besar ia akan trauma karena pengalaman di masa lalunya dan bisa menyebabkan trauma psikologis.
Maka dari itu sangatlah penting untuk anda mengenali diri sendiri, ingat rasa sakit trauma bukanlah kompetisi, kita hidup bukan untuk sedih-sedihan, walaupun tidak ada yang peduli seberapa besar rasa sakit hati anda, kenali apa yang membuat anda sakit / trauma dan terimalah rasa trauma tersebut dengan ikhlas karena itu memang nyata. Namun semua itu hanyalah bagian dari masa lalu, mengikhlaskan akan lebih membuat hidupmu damai. Dengan menyadari rasa trauma tersebut kita bisa lebih “aware’ dang mengendalikan pikiran kita sendiri dengan lebih baik.
Banyak orang yang bilang “harus bisa move on” tapi mereka tidak memberikan solusi  bagimana caranya, jika anda masih bingung dengan apa yang harus dilakukan untuk segera move on, berikut ini ada tips untuk menghilangkan rasa trauma yang sedang anda alami :
1.      Jangan stres, biasanya orang yang mengalami trauma akan mengalami stres berkepanjangan bahkan ada yang mengurung diri dan tidak ingin berbicara dengan orang lain. Solusinya adalah cari kegiatan yang senang anda lakukan (hobby), mencari pekerjaan, atau mulai bisnis anda sendiri, kesempatan sudah tersedia banyak jika kita mau bangkit dari keterpurukan masa lalu kita.
2.      Jangan menolak bantuan, sebenarnya diluar sana banyak orang yang ingin membantu anda atau menghibur anda, dan inign menjadi teman anda disaat anda mengalami keterpurukan dari masa lalu tersebut. Terkadang nmereka tidak bisa memberi bantuan karena anda tidak meminta bantuan. Kalau memang anda merasa tidak bisa menjalani masalah sendiri mintalah bantuan dengan orang yang tepat, karena kita tidak bisa hidup tanpa orang lain.
3.      Bersyukur dan berpikir positif, terkadang kita dipaksa untuk berpikiran positif disetiap masalah yang kita alami atau ketika kita sedang terluka / sakit hati itu, ada baiknya kita mncoba untuk berpikiran dari sisi positif dan selalu bersyukur akan membuat pikiran anda lebih baik. Jangan terus-terusan berpikiran negatif, karena akan merusak pikiran anda ataupun fisik anda.
4.      Tidur, semakin kita memikirkan rasa sakit / trauma akan mempersulit kita move on, jalan keluarnya sebenarnya simple, rileks saja, kosongkan pikiran, dan istirahat / tidur secukupnya. Percayalah diesok hari anda terbangun dari tidur anda bahwa akan ada kebahagiaan setelah rasa sakit yang anda alami saat dulu, sekarang dan nanti. Dan anda harus berpikir bahwa kebahagiaan, kesedihan, penderitaan, semua itu adalah bagian dari hidup kita.
5.      Berprasangka baik / mendekatkan diri kepada allah (bagi orang muslim), mendekatlah kepada allah, berdoalah kepada-nya memohon pertolongan / petunjuk dalam setiap masalah yang anda hadapi, karena dia yang dapat menolongmu dan mengetahui atas segala apa yang engkau rasakan, karena dia maha segala-nya.
Intinya yang terpenting anda harus mengetahui siapa diri anda, kenali dan pahami diri anda sendiri, sadari rasa sakit / trauma tersebut karena faktanya memang rasa sakit itu memang ada, nbamun seiring berjalannya waktu rasa sakit itu akan memudar dengan sendirinya.
“masa lalu biarlah berlalu, dan untuk masa sekarang jalanilah dengan kebahagiaan”
“percayalah disetiap masalah pasti ada hikmahnya’
‘percayalah setelah semua penderitaan ini berakhir, anda akan menjadi pribadi yang lebih kuat (what doesn’t kill you will make you stronger)”.
Segeralah move on, jangan lupa untuk tersenyum dan bahagia !

                                                                                        Penulis 
                                                                                       
                                                                                   Ellisa Monika

Lokasi: Jl. Raya Petaling Km.13, Petaling, Mendo Barat, Petaling, Mendo Bar., Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33173, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar