Jumat, 03 Mei 2019

GANGGUAN BIPOLAR


GANGGUAN BIPOLAR
Bipolar merupakan salah satu bagian dari mental illness atau sering dikenal dengan gangguan jiwa. Bipolar adalah gangguan mental yang menyerang kondisi psikis yang berhubungan dengan suasana hati yang berubah-ubah secara drastis .Tingkat emosi yang  berubah secara drastis adalah salah satu tanda yang mudah dikenali. Orang yang mengalami bipolar dapat merasakan gejala mania (perasaan sangat senang) dan depresif (sangat terpuruk). Umumnya, gangguan bipolar ditandai dengan perubahan yang sangat signifikan seperti, dari percaya diri menjadi pesimis, dari sangat bahagia menjadi sangat sedih, dari semangat terhadap sesuatu menjadi malas beraktivitas, dan lain sebagainya. Setiap fase perubahan emosi dapat berlangsung dalam hitungan minggu bahkan bulan.
Penyebab gangguan bipolar diduga adanya dampak gangguan pada senyawa alami yang berfungsi menjaga fungsi otak. Gangguan itu sendiri dipicu karena factor berikut:
1.      Genetic
2.      Social
3.      Lingkungan
4.      Fisik
Penanganan bipolar dapat dilakukan dengan pemberian obat dan psikoterapi. Penanganan yang dilakukan bertujuan untuk meredakan gejala yang muncul. Meski, penanganan ini membutukan waktu jangka panjang.
Pemberian Obat
Berikut beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk meredakan gejala bipolar:
·         Moodstabilizer, seperti lithium, lamotrigine, dan carbamazepine
·         Antikonvulsan, seperti asam valproate
·         Antipsikotik, seperti aripiprazole, olanzapine, quetiapine, dan risperidone
·         Antidepresan, seperti fluoxetine, escitalopram, dan sertraline
Psikoterapi
Berikut metode psikoterapi yang biasa digunakan untuk menangani gejala gangguan bipolar:
·         Interpersonal and Social Rhythm  Therapy (IPSRT)
Merupakan metode yang terfokus pada kestabilan ritme aktivitas sehari-hari. Misalnya, waktu untuk tidur dan makan. Teraturnya ritme dalam beraktivitas mampu membantu mengendalikan gejala pada gangguan bipolar.
·         Cognitive Behavioral Therapy (CBT)
Dengan menggunakan terapi perilaku kognitif, psikoterapi akan membantu klien dalam mendeteksi hal yang dapat memicu munculnya gejala gangguan bipolar. Sehingga hal ini dapat diganti dengan sesuatu yang positif.
·         Psychoeducation
Dokter ataupun psikiater dan lainnya akan mengedukasi pasien dengan hal-hal yang perlu diketahui terkait kondisi yang sedang dialami. Dengan begitu, pasiendapat dengan sendirinya mengidentifikasi penyebab munculnya gejala, menghindarinya, hingga membuat strategi penanganan ketika gejala gangguan bipolar muncul.


Penulis
Elvin Nurus Subahan

Lokasi: Jl. Raya Petaling Km.13, Petaling, Mendo Barat, Petaling, Mendo Bar., Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33173, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar