Kamis, 02 Mei 2019

Manfaat Permainan Dalam Proses Konseling Anak


Manfaat Permainan Dalam Proses Konseling Anak
Istilah game (permainan) memang tak asing lagi bagi anak usia dini, bahkan bukan hanya mereka melainkan orang dewasapun banyak yang menjadikan game sebagai pekerjaan atau prioritas utama dalam kehidupan sehari-hari. Istilah game (permainan) dan play (bermain) sendiri memiliki makna berbeda dalam literatur konseling bermain, (Rusmana, 2008). Play sendiri bisa jadi merupakan kegiatan yang bisa dilakukan seorang diri tanpa melibatkan orang lain sehingga ada kepuasan tersendiri ketika melakukannya. Sedangkan game sendiri diartikan kegiatan yang membutuhkan kehadiran orang lain, tanpa kehadiran pihak lwan makan permaian tidak akan menyenangkan.
Definisi bermain dijelaskan oleh Dockett dan Fleer (2000) “was a process in enganging in aimles activities, could not be defined by activities, rather that it was an attitude mind”. Bermain merupakan sebuah proses dalam mengikutsertakan peserta dalam tujuan, namun lebih dari pembentukan sikap didalamnya. Serta karakteristik bermain menurut Fromberg (1992) dan Dockett & Fleer (2000) memberikan gambaran bahwa bermain mempunyai sifat: simbolis, penuh arti, menyenangkan, kerelaan, pembangunan peran, episode (berlanjut). Menurut Santrock (2006), bermain (play) ialah suatu kegiatan yang menyenangkan yang dilaksanakan untuk kepentingan kegiatan itu sendiri. Erikson dan Frued (Santrock, 2006) berpendapat bahwa bermain merupakan suatu bentuk penyesuaian diri manusia yang sangat berguna menolong anak menguasai kecemasan dan konflik. Begitu juga dengan Piaget (Santrock, 2006) memangdang bahwa bermain suatu metode yang meningkatkan perkembangan kognitif anak-anak.
Dalam kata lain permainan (game) dan bermain (play) sangat berguna bagi kelangsungan proses konseling anak, bukan hanya membantu memecahkan masalah dan membuat anak menceritakan masalahnya tetapi juga membantu anak menikmati proses konseling itu sendiri sehingga merasa aman, nyaman dan dihormati. Selayaknya orang dewasa kita tentu mengerti bagaimana dunia anak dan bagaimana cara bergabung dengan anak.


PENULIS
                                                                                    ITA NURLITA

Lokasi: Jl. Raya Petaling Km.13, Petaling, Mendo Barat, Petaling, Mendo Bar., Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33173, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar