Jumat, 03 Mei 2019

Tugas Seorang Konselor


Tugas Seorang Konselor

Didalam kehidupan setiap orang pasti memiliki permasalahan dengan munculnya berbagai permasalahan yang terjadi diantara diri yang kurang bisa berdamai dengan keadaan dan lingkungan membuat seseorang berubah, sehingga dibutuhkanlah orang lain yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang ada pada diri orang tersebut seperti seorang konselor.
 Konselor atau pembimbing merupakan orang yang memiliki sebuah keahlian dalam proses melakukan konseling penyuluhan Berlatar belakang pendidikan minimal sarjana strata 1 (S1) dari jurusan Bimbingan Konseling (BK), Bimbingan Penyuluhan (BP), atau Pisikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) atau Mempunyai organisasi profesi bernama Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN). Sedangkan, Konseling atau penyuluhan ialah suatu kegiatan pemberian bantuan yang dilakukan oleh konselor terhadap seseorang yang mengalami sesuatu permasalahan yang berujung pada teratasinya masalah yang dihadapi klien. Dan Bimbingan konseling sendiri merupakan suatu bentuk layanan konseling yang bisa dilakukan dengan perorangan maupun kelompok  diharapkan bisa berkembang dalam bidang pribadi, belajar,  karir, serta sosial.  menjadi seorang konselor dan melakukan kegiatan bimbingan konseling ini akan kita temui berbagai jenis layanan tentunya yang digunakan untuk membantu konseli tersebut.
Di dalam konteks menjadi Seorang konselor tentu mempunyai tanggung jawab besar beserta beberapa tugas yang harus dilakukan oleh seorang konselor diantaranya:
1.      Seorang konselor diharapkan mampu memberikan pertolongan bimbingan dan konseling kepada konseli, supaya konseli dapat mengatasi masalah yang terdapat pada dirinya.
2.      Menjadi seorang konselor harus mempunyai pikiran positif yang dapat mempengaruhi orang secara baik, yang bermaksud bahwa seorang konselor tidak hanya bertindak dan berfikir  tetapi ikut serta memberikan solusi sebagaian besar dipengaruhi oleh cara atau pola berpikirnya.
3.      Seorang konselor juga harus menjadi contoh yang baik kepada konseli didalam tugas bimbingan dan konseling, ia harus menjadi teladan yang baik bagi konseli. Seperti saat konseli datang kepada seorang konselor ia berkeyakinan bahwa konselor lebih bijaksana, dewasa, dan mampu memberikan solusi yang sedang ia butuhkan.
Oleh karena itu, dalam upaya memberikan pemahaman tentang tugas dari seorang konselor dalam memberikan bantuan berupa bimbingan dan konseling, khususnya bagi para konselor, melalui tulisan ini akan dipaparkan tentang tugas konselor secara umum, yang menjadi pijakan dalam setiap gerak langkah bimbingan dan konseling.

Penulis
Ayu Ristia



Lokasi: Jl. Raya Petaling Km.13, Petaling, Mendo Barat, Petaling, Mendo Bar., Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33173, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar