Kamis, 02 Mei 2019

Pentingnya Konseling Anak Bagi Anak dan Orangtua


Pentingnya konseling anak bagi anak dan orangtua
Konseling Anak bukan hanya tentang memberikan bantuan kepada anak yang bermasalah tetapi juga tentang bagaimana memberikan pemahaman khususnya kepada orang tua tentang masalah apa saja yang sering terjadi pada anak. Kadang dalam proses konseling Anak, perujuk atau orang tua tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada anaknya. Orang tua hanya menganggap bahwa anaknya mengalami gangguan seperti membangkang, tanpa tahu apa yang menyebabkan anaknya menjadi seperti itu. Jadi kadang-kadang sebenarnya masalahnya bukan pada si anak tetapi orang tua. Orang tua tidak tahu si anak membutuhkan kasih sayang darinya.
Dalam proses konseling Konselor pun tidak bisa secara langsung memvonis bahwa si anak yang bermasalah tanpa tahu apa yang membuat si anak melakukan suatu hal yang tidak seharusnya. Dalam proses konseling anak konselor bisa menerapkan beberapa teknik untuk mengetahui apa sebenarnya yang terjadi. Contohnya dengan teknik menggunakan boneka binatang dan si anak akan mendeskripsikan atau menggambarkan orang-orang terdekatnya dengan binatang tertentu. Contohnya jika si anak menggambarkan ibu atau ayahnya dengan binatang seperti harimau dan mengatakan bahwa ibu atau ayahnya galak maka masalahnya ada pada orang tuanya. Dan mungkin hal itu yang membuat si anak menjadi membangkang karena dia ingin ibu dan ayahnya menyayanginya bukan memarahinya. Pentingnya pemberian edukasi kepada orang tua sangat berpengaruh kepada cara mereka mendidik dan membesarkan anak, jika cara mereka mendidik dan membesarkan anak akan berpengaruh kepada sifat anak kedepannya karena anak cenderung akan mengikuti atau meniru apa yang mereka lihat dan apa yang mereka rasakan.
Hal yang paling penting dalam proses konseling anak adalah bahwa konseling anak dan konseling pada umumnya akan sangat berbeda, Baik itu dalam tekhnik, metode, dan mekanismenya. Konseling anak akan cenderung menggunakan teknik yang lebih variatif dan kreatifitas dari konselor juga sangat dibutuhkan. Contohnya ketika dalam proses konseling anak tidak mau menceritakan masalahnya maka konselor harus kreatif mencari cara lain, salah satunya dengan teknik boneka binatang yang telah dijelaskan sebelumnya.
Inilah kenapa konseling anak itu bukan hanya tentang bagaimana cara memecahkan masalah pada anak tetapi juga memberikan pemahaman kepada orang tua dan orang-orang terdekat anak tentang apa yang dialami oleh si anak.

                                                                                                                             Penulis
                                                                                                                         Keri Sastian
                                                           

Lokasi: Jl. Raya Petaling Km.13, Petaling, Mendo Barat, Petaling, Mendo Bar., Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33173, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar