Kamis, 11 April 2019

bullying: hilangnya rasa menghargai martabat sesama manusia #JUSTICEFORAUDREY



Bullying adalah suatu tindakan dimana satu orang atau lebih melakukan tindakan menyakiti atau mengontrol seseorang dengan kekerasan. ada banyak jenis bullying, bisa menyakiti fisik seperti memukul, mendorong dan sebagainya. dan juga dalam bentuk verbal seperti mneghina, membentak dan dengan kata-kata kasar. 
contoh kasus Audrey (14) siswi SMP 17 Pontianak, Kalimantan Barat yang dibully oleh seniornya dengan dipukul merupakan salah satu contoh bullying deangan menyakiti fisik. kasus ini menjadi tranding topik di twitter pada Selasa (9/4) dengan tagar #JusticeForAudrey. kasus ini terjadi karena masalah asmara dan saling komentar di medsos. para pelaku menjemput Audrey langsung dirumahnya pada tanggal 29 Maret 2019. kemudian korban dibawa kejalan Sulawesi dan dianiaya setelah itu korban kembali dianiaya di taman akcaya. menurut penuturan korban, pelaku utama berjumlah 3 orang sememtara itu 9 orang lainya sebagai penonton. para pelaku mencolok kemaluannya dengan maksud untuk menghilangkan keperawanannya sehingga mengakibatkan pembengkakan diarea kemaluannya.
kasus penganiayaan ini membuat korban depresi, tertekan dan trauma berat. bahkan korban kerap berhalusianasi membayangkan saat dianiaya, akibat truma yang terjadi. keluarga korban tetap ingin melanjutkan kasus ini ke jalur hukum, untuk menimbulkan efek jera bagi para pelaku. kasus ini telah ditangani oleh pihak kepolisian pontianak dan menarik perhatian khalayak ramai terutama media sosial. Kasus ini juga tidak terlepas dari perhatian Presiden Joko Widodo dan pengacara ternama Hotman Paris Hutapea. Presiden  menyampaikan keprihatinannya atas peristiwa yang menimpa seorang siswi SMP di pontianak tersebut di komplek GBK, jakarta Rabu, 10 April 2019. menurutnya ini terjadi karena adanya perubahan pola interaksi sosial dalam masyarakat dan pengaruh buruk media sosisl. 
Presiden memerintahkan agar Kapolri mengambil tindakan cepat untuk megatasi kasus tersebut. tetapi Presiden mengingatkan untuk tetap bijaksana karena yang terlibat masih dibawah umur. peristiwa ini menarik perhatian masyarakat indonesia dan masyarakat global. #JUSTICEFORAUDREY menjadi trending topic di Tweeter. Sementara itu petisi online di Daring Change.org untuk mendukung Audrey.
Contoh kasus Audrey siswi SMP 17 Pontianak Kalimantan Barat yang dibully oleh seniornya dengan dipukul merupakan salah  satu contoh bullying dengan menyakiti fisik. kasus ini menandakan bahwa ada masalah serius bagi generasi muda karena tidak hanya sekali ini saja kasus yang melibatkan generasi muda terjadi. Bullying merupakan contoh masalah yang sekarang melekat pada generasi muda. tindakan ini mengisyaratkan bahwa sudah hilangnya rasa saling menghargai antar manusia terutama rasa menghargai martabat sesama manusia. kasus Audrey merupakan satu dari sekian banyak kasus bullying yang melibatkan siswa-siswi. tentunya kita semua berharap agar kedepannya tidak akan terjadi lagi kasus bullying yang dapat merusak mental anak negri.

0 komentar:

Posting Komentar